Ketika kita menjalankan bisnis, ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi jalannnya bisnis itu. Dan salah satu faktor yang juga memberikan andil besar dalam kelancaran berbisnis adalah strategi marketing yang diterapkan oleh perusahaan. Maka dari itu, sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui target audience. Target audience, apa itu? Jadi, target audience adalah orang-orang yang nantinya akan menggunakan produk dan layananmu. Biasanya, istilah target audience ini disamakan dengan target market. Padahal keduanya sangat berbeda. Jika target audience merupakan orang yang akan menjadi sasaran promosi produk, sementara target market sendiri merupakan kelompok orang yang memiliki kekuatan untuk membeli dan mempunyai ekspektasi yang mendalam.

Lalu, bagaimana caranya menentukan target audience?

Cara yang pertama adalah dengan melihat jenis produk dan layanan jasa yang sedang digandrungi masyarakat saat ini. Jika kamu sudah mengetahui jenis produk dan layanan apa yang sedang sangat diminati saat ini, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk menentukan siapa target marketmu. Dengan begitu, kamu bisa melakukan riset dan observasi agar data yang kamu dapatkan akurat dan tidak salah sasaran dalam memilih target audience. Tak hanya itu, kamu tentunya juga bisa belajar bagaima cara beriklan yang efektif untuk mendapatkan pelanggan yang potensial. Dengan begitu, hasil pemasaran yang kamu lakukan nantinya bisa semakin memuaskan. Maka dari itu, jangan ragu untuk mencoba cara ini.

Lalu, ada cara yang kedua, yakni dengan melakukan pengisian data persona. Hm, apa itu data persona? Data persona meliputi umur, jenis kelamin, pendidikan, dan lainnya yang mendukung untuk memilih target audience. Dengan cara yang kedua ini, dinilai lebih efektif dan lebih mudah untuk menentukan siapa target audiencemu nantinya yang akan menggunakan produk dan layanan jasamu.

Seperti yang sudah dijelaskan, penting bagi bisnis dan perusahaan dalam menentukan siapa target audience. Hal ini untuk menjaga kelancaran bisnis tersebut. Dengan mengetahui siapa target audiencemu secara tepat, maka bisnis yang kamu tekuni bisa mendapatkan keuntungan sesuai harapan.

Jadi, siapa target audiencemu?

Halo, Tim kami akan segera membantu Anda!

Chat with us on WhatsApp