Selling dan marketing merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari segala jenis bisnis, baik bisnis produk maupun jasa. Hal ini dikarenakan kedua hal tersebut terkait erat antara yang satu dengan yang lainnya. Tanpa proses marketing, selling tidak dapat dilakukan dengan baik, karena tak akan ada banyak orang yang mendengar tentang keberadaan produk atau jasa anda. Di sisi lain, tanpa adanya selling, proses promosi produk atau jasa anda dapat menjadi sia-sia, karena kurangnya usaha dalam bertransaksi dengan pelanggan. Untuk memahami dasar kedua hal ini lebih baik, dalam artikel ini, kami akan berbagi pengertian dasar mengenai perbedaan selling dan marketing.

 

 

Saat kita membahas selling, hal ini tentunya berhubungan dengan proses penjualan barang atau jasa. Proses ini terjadi ketika staff kita berhasil bertransaksi dengan pelanggan, dan menukarkan barang atau jasa yang kita jual dengan sejumlah uang dari pelanggan. Tentunya hal ini tak semudah yang kita bayangkan. Diperlukan pendekatan khusus untuk meyakinkan pelanggan membutuhkan barang atau jasa yang kita tawarkan. Kita juga harus bisa melakukan proses closing penjualan dengan baik, supaya pelanggan dapat merasa yakin bahwa barang atau jasa yang kita tawarkan merupakan sebuah solusi atas suatu permasalahan yang mereka hadapi, dan mereka akan bisa mendapatkannya apabila mereka bertransaksi dengan kita.

 

Di sisi lain, marketing merupakan proses awal perkenalan produk atau jasa anda kepada pelanggan. Tentunya, proses ini dibutuhkan tidak hanya oleh perusahaan baru, namun perusahaan lama juga harus rutin melakukan kegiatan marketing, supaya barang atau jasa mereka semakin diingat oleh para pelanggan. Jadi, pada saat mereka menghadapi suatu masalah yang bisa dipecahkan oleh barang atau jasa yang kita jual, mereka akan mengingat nama produk atau jasa kita terlebih dahulu sebelum mereka mengingat produk atau jasa milik para pesaing kita. Hal ini tentunya dapat dicapai dengan melakukan kegiatan marketing yang efektif, akurat, serta dengan jangkauan yang luas. Sehingga akan lebih mudah bagi para pelanggan kita untuk mengingat barang atau jasa yang kita jual ketimbang barang atau jasa yang pesaing kita tawarkan kepada mereka.

Halo, Tim kami akan segera membantu Anda!

Chat with us on WhatsApp