Ketika kita sedang berbicara mengenai penjualan pasti tidak jauh-jauh dari istilah marketing dan selling. Marketing berarti pemasaran, sementara selling memiliki arti penjualan. Pemasaran dan penjualan pun juga saling berkaitan dalam hal menawarkan produk dan atau jasa tertentu. Namun, apakah kalian sudah tahu apa saja perbedaan pemasaran dan penjualan beserta contohnya? Simak penjelasan di bawah.

Kita mulai terlebih dahulu dengan marketing. Marketing berasal dari kata dasar bahasa Inggris “market” yang memiliki arti pasar. Lebih lengkapnya, marketing adalah kegiatan jual beli yang tidak hanya menawarkan produk atau jasa saja namun di dalamnya ada berbagai kegiatan seperti jual-beli, menawarkan harga hingga bagaimana mengangkut barang, menyimpannya, dan sebagainya.

 

Marketing berorientasi pada konsumen, profit, dan berjangka panjang. Dalam artian, kegiatan marketing berfokuskan pada keinginan konsumen sehingga perlu dilakukan penelitian terlebih dahulu untuk mencari apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Profit, maksudnya adalah karena sudah memiliki fokus pada keinginan konsumen maka marketing akan mementingkan profit share secara total bukan dari laba per unit barang yang terjual. Selain itu, marketing juga berjangka panjang karena melihat dari perkembangan yang akan ada di masa depan.

Yang kedua adalah selling. Selling berasal dari kata dasar bahasa Inggris “sale” yang memiliki arti jual atau penjualan. Secara singkat, selling merupakan aktivitas atau kegiatan menjual produk dan atau jasa.

Berbeda dengan marketing yang berorientasi pada konsumen, selling berorientasi kepada produk yang dihasilkan. Sehingga mereka hanya akan berfokuskan kepada pembuatan produk kemudian dipasarkan. Selling juga berorientasi pada pencapaian volume penjualan yang maksimal.

Tak hanya itu, selling juga berjangka pendek. Dalam artian, selling hanya membuat produk pada masa saat ini dan langsung dipasarkan saat ini pula, tidak melihat jangka panjang akan pekembangan masa depan nantinya.

Lalu apa contoh dari dua kegiatan ini? Contohnya adalah misalnya kita ingin berjualan donat. Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah memasarkan donat yang ingin kita jual.

Kita perkenalkan ke teman-teman sekitar kita, kita bawa contoh donat yang nantinya akan kita jual. Suruh mereka merasakan dan setelah itu memberi saran atau pendapat bagaimana menurut mereka apakah mereka suka pada donat itu atau perlu ada penambahan agar natinya laris.

Setelah minta pendapat atau saran dari sana sini lakukan promosi, ceritakan ke teman-teman tentang usahamu yang ingin berjualan donat setelah itu lakukanlah transaksi, yaitu penjualan. Namun sebelumnya tentukan dulu harga donat yang ingin kita jual, hal ini masuk dalam kegiatan pemasaran.

Halo, Tim kami akan segera membantu Anda!

Chat with us on WhatsApp