Konsep pemasaran adalah strategi yang diterapkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, meningkatkan penjualan, memaksimalkan laba, dan mengalahkan pesaing. Ada 5 konsep pemasaran yang diadopsi dan dijalankan oleh organisasi.

Pemasaran adalah departemen manajemen yang mencoba merancang strategi yang akan membangun hubungan yang menguntungkan dengan target konsumen.

Tetapi filosofi apa yang terbaik bagi perusahaan dalam menetapkan strategi pemasaran? Ada lima konsep pemasaran alternatif di mana organisasi merancang dan melaksanakan strategi pemasaran mereka.

 

– Konsep Produksi

Konsep produksi adalah yang paling berorientasi operasi daripada konsep pemasaran lainnya dalam daftar ini. Ini adalah tentang kebenaran bahwa manusia kami lebih suka produk yang mudah tersedia dan murah.

Konsep ini didirikan selama era produksi Kapitalisme awal pada pertengahan 1950-an. Selama era itu, bisnis memusatkan perhatian pada masalah produksi, manufaktur, dan efisiensi.

Ide dasar dari konsep ini adalah bahwa bisnis ingin menghasilkan produk yang sangat murah dalam volume maksimum untuk memaksimalkan keuntungan dan skala. Bisnis berasumsi bahwa konsumen tertarik pada ketersediaan produk dan harga rendah sementara kebutuhan pelanggan mungkin tidak sepenuhnya dipenuhi.

 

 

– Konsep Produk

Konsep produk tidak begitu banyak tentang produksi dan output bisnis tetapi lebih berfokus pada pelanggan. Pelanggan potensial menyukai produk yang menawarkan kualitas, kinerja, atau fitur inovatif.

Konsep pemasaran ini percaya pada pelanggan potensial dan bagaimana loyalitas merek mereka terkait erat dengan pilihan produk, kualitas produk tersebut dan manfaat yang mereka dapatkan dari produk dan bisnis tempat mereka berinvestasi.

 

– Konsep Penjualan

Konsep penjualan adalah roti dan mentega dari upaya pemasaran karena percaya bahwa orang tidak akan cukup membeli produk bisnis sehingga bisnis perlu membujuk mereka untuk melakukannya.

 

– Konsep Pemasaran

Ini adalah konsep marketing yang percaya bahwa keberhasilan bisnis tergantung pada upaya pemasaran yang memberikan proposisi nilai yang lebih baik daripada para pesaingnya.

 

– Konsep Pemasaran Masyarakat

Konsep pemasaran masyarakat adalah pola pikir pemasaran yang paling progresif dan modern untuk dimiliki. Ini adalah konsep pemasaran yang percaya memberi kembali kepada masyarakat dengan menghasilkan produk yang lebih baik yang membantu dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Halo, Tim kami akan segera membantu Anda!

Chat with us on WhatsApp