Dengan banyaknya orang yang begitu aktif berbelanja secara online, sangat penting untuk mengukur apakah mereka mencapai target audiens dan mendapatkan impact yang diinginkan. Di sinilah Cost Per Thousand / Mille (CPM) masuk. Ini memberi tahu Anda seberapa efisien iklan Anda menjangkau audiens Anda dan apakah anggaran pemasaran Anda digunakan secara optimal.

Jadi, sebenarnya apa itu cpm? Dalam pemasaran, Cost Per Mille atau CPM mengacu pada uang yang diinvestasikan pengiklan untuk seribu tampilan iklan. Ini biasanya berlaku untuk iklan bergambar.

Catatan: Mille adalah kata Latin untuk “thousand.” Karenanya, Cost Per Thousand Impression juga disingkat sebagai CPM.

CPM adalah metodologi umum untuk biaya iklan bergambar yang digunakan oleh penerbit dan pengiklan. Misalnya, situs web yang meng-host iklan bergambar pada inventarisinya mungkin ingin menagih jumlah tertentu untuk seribu tayangan. Setelah batas ini tercapai, pengiklan atau pemasar akan dikenakan biaya CPM yang telah ditentukan.

 

 

Di sisi pembeli, pengiklan dapat memilih untuk menghitung CPM mereka sendiri sesuai dengan anggaran pemasaran mereka. Katakanlah Anda telah menghabiskan sejumlah uang untuk mengiklankan, didistribusikan di antara 10 iklan bergambar di beberapa situs web. Setiap iklan akan menghasilkan jumlah tayangan tertentu, dan berdasarkan total investasi pemasaran Anda, Anda dapat menghitung CPM Anda.

CPM tinggi (melebihi apa yang Anda harapkan) menunjukkan bahwa iklan Anda tidak seefisien yang Anda inginkan – Anda menghabiskan lebih banyak uang untuk menjangkau khalayak terbatas.

Ini tidak berarti bahwa CPM rendah selalu lebih disukai. Jika Anda mendapati diri Anda membelanjakan terlalu sedikit per tayangan, itu bisa berarti Anda menjangkau audiens yang terlalu besar dan sebagian besar audiens generik. Dalam hal itu, keterlibatan per ad cenderung turun.

Itulah mengapa sangat penting untuk memahami tujuan kampanye Anda ketika memutuskan apa yang akan menjadi CPM yang baik untuk Anda. Misalnya, jika kesadaran merek adalah tujuan utama Anda, CPM yang rendah adalah yang Anda butuhkan.

Di sisi lain, jika Anda menginginkan tindakan nyata seperti unduhan aplikasi atau pendaftaran layanan, CPM yang relatif tinggi diimbangi dengan kualitas tayangan yang baik harus menjadi tujuan Anda.

Halo, Tim kami akan segera membantu Anda!

Chat with us on WhatsApp