Pemasaran adalah proses mendapatkan barang atau jasa atau ide yang tepat kepada orang yang tepat di tempat, waktu, dan harga yang tepat, menggunakan teknik promosi yang tepat dan memanfaatkan orang yang tepat untuk menyediakan layanan pelanggan yang terkait dengan barang, jasa, atau ide.

Konsep ini disebut sebagai prinsip “benar” dan menjadi dasar dari semua strategi pemasaran. Anda perlu memahami tentang konsep penjualan dan pemasaran.

Kita dapat mengatakan bahwa pemasaran adalah mencari tahu kebutuhan dan keinginan pembeli potensial (baik organisasi atau konsumen) dan kemudian menyediakan barang dan jasa yang memenuhi atau melebihi harapan pembeli tersebut.

Pemasaran adalah tentang menciptakan pertukaran. Pertukaran terjadi ketika dua pihak saling memberikan sesuatu yang bernilai untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan masing-masing.

Dalam pertukaran tipikal, konsumen memperdagangkan uang untuk barang atau jasa.

Dalam beberapa pertukaran, hal-hal nonmoneter dipertukarkan, seperti ketika seseorang yang menjadi sukarelawan untuk badan amal perusahaan menerima T-shirt sebagai imbalan atas waktu yang dihabiskan.

Salah satu kesalahpahaman umum adalah bahwa beberapa orang tidak melihat perbedaan antara pemasaran dan penjualan.

Keduanya adalah dua hal berbeda yang merupakan bagian dari strategi perusahaan.

Penjualan mencakup benar-benar menjual produk atau layanan perusahaan kepada pelanggannya, sedangkan pemasaran adalah proses mengkomunikasikan nilai produk atau layanan kepada pelanggan sehingga produk atau layanan tersebut laku.

Untuk mendorong pertukaran, pemasar mengikuti prinsip “benar”. Jika perwakilan Avon lokal tidak memiliki lipstik yang tepat untuk calon pelanggan saat pelanggan menginginkannya, dengan harga yang tepat, calon pelanggan tidak akan menukar uang dengan lipstik baru dari Avon.

Pikirkan tentang pertukaran (pembelian) terakhir yang Anda lakukan: Bagaimana jika harganya 30 persen lebih tinggi? Bagaimana jika toko atau sumber lain kurang dapat diakses? Apakah Anda akan membeli sesuatu?

Prinsip “benar” memberi tahu kita bahwa pemasar mengontrol banyak faktor yang menentukan keberhasilan pemasaran.

Sebagian besar organisasi yang sukses telah mengadopsi konsep pemasaran.

Konsep pemasaran didasarkan pada prinsip “benar”. Konsep pemasaran adalah penggunaan data pemasaran untuk fokus pada kebutuhan dan keinginan pelanggan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pelanggan tetapi juga untuk mencapai tujuan organisasi.

Suatu organisasi menggunakan konsep pemasaran ketika mengidentifikasi kebutuhan pembeli dan kemudian menghasilkan barang, jasa, atau ide yang akan memuaskan mereka (menggunakan prinsip “benar”).

Konsep pemasaran berorientasi pada kepuasan pelanggan (baik itu organisasi pelanggan atau konsumen) dengan menawarkan nilai.

Halo, Tim kami akan segera membantu Anda!

Chat with us on WhatsApp