Banyak orang yang masih salah kaprah soal (selling) penjualan dan (marketing) pemasaran. Memang dua-duanya memiliki arti atau konsep yang hampir sama, namun keduanya sangatlah berbeda. Sebagai contoh adalah ketika kita melihat orang yang berjualan makanan berkeliling, apakah mereka melakukan pemasaran? Belum tentu. Apakah perusahaan besar yang menjual produk sabun pencuci tangan melakukan penjualan? Belum tentu juga. Lalu, bagaimana dengan warung bakso yang tiap harinya memiliki antrean yang sangat panjang? Ini perbedaan selling dan marketing dari konsepnya.

Secara singkat, konsep dari penjualan adalah mendapatkan laba sebesar-besarnya tanpa menilai kepuasan dari para konsumen. Sementara, konsep dari pemasaran adalah mendapatkan laba yang sebesar-besarnya namun juga menilai bagaimana kepuasan dari para konsumen. Sehingga, jika ditarik dari keduanya, yang membedakan adalah nilai kepuasan konsumen yang menjadi fokus dari konsep penjualan dan pemasaran ini. Begini lebih lengkapnya.

Penjualan berfokuskan pada produk yang dibuat sebaik mungkin, lalu kemudian baru memikirkan bagaimana untuk menjual dari produk tersebut. Kembali, ditarik garis besar dari fokus penjualan ini adalah produknya dan bukan konsumen. Konsumen mempunyai kecenderungan normal untuk tidak membeli produk yang tidak penting dan konsumen pun dapat didorong untuk membeli lebih banyak produk lagi dengan berbagai cara memasarkan produk tersebut.

Bagaimana dengan pemasaran? Pemasaran lebih berfokuskan kepada pembeli yang menginginkan produk yang telah dihasilkan. Di mana kegiatan dari pemasaran lebih kompleks, yakni termasuk penjualan, pengantaran, hingga produk tersebut dikonsumsi oleh konsumen. Dengan begitu, secara jelas tujuan dari kegiatan pemasaran ini adalah untuk mencapai kepuasan dari pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan nomor satu bagi pemasaran. Dan kegiatan pemasaran pun lebih terpadu.

Meski dua-duanya hampir memiliki kesamaan namun keduanya tetap saling berkaitan satu sama lain. Hanya saja jika ditilik kembali, penjualan dinilai lebih kaku karena hanya mengedepankan produk dan tidak menilai lebih bagaimana pasaran. Sementara pemasaran lebih kompleks karena melihat apa yang dibutuhkan dan apa yang diinginkan oleh pasar. Sehingga, pemasaran akan lebih mampu untuk bersaing dari pada penjualan.

Halo, Tim kami akan segera membantu Anda!

Chat with us on WhatsApp