Menulis artikel tingkat kesulitannya bisa bervariasi. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pembuatan artikel. Faktor yang pertama adalah keahlian dan minat sang penulis, apakah sang penulis tersebut memang memiliki keahlian yang cukup baik sejak awal menulis, dan apakah dia memang benar-benar berminat dan menikmati pekerjaannya sebagai penulis. Lalu tema artikel juga berpengaruh besar terhadap tingkat kesulitan atau bahkan kemudahan dalam menulis. Selanjutnya panjang dan jumlah artikel juga bisa mempengaruhi tingkat kesulitan dan lamanya proses penulisan artikel. Selain itu semua, anda juga harus memahami beberapa cara membuat artikel yang bisa anda gunakan untuk menulis artikel berkualitas, apalagi jika anda adalah seorang penulis pemula.

Inilah beberapa tips untuk membuat artikel bagi pemula:

Pahami tujuan anda membuat artikel

Apakah anda akan menulis artikel karena hobi? Apa itu untuk bisnis anda sendiri? Ataukah artikel yang akan anda buat merupakan permintaan seorang klien dalam bisnis anda. Jika artikel yang akan anda tulis adalah untuk hobi anda, maka anda bisa menulis dengan tema yang anda sukai sebebas-bebasnya, asalkan tidak memicu terjadinya tanggapan yang buruk dari para pembaca. Kemudian, jika artikel itu untuk bisnis anda sendiri, tentunya anda harus membuatnya menarik, supaya orang-orang yang membaca artikel anda tertarik untuk berbisnis dengan anda. Disisi lain, jika artikel tersebut merupakan pesanan seorang klien, anda harus memahami permintaan klien dan bisnisnya dengan baik, lalu anda buat artikel yang mampu mempromosikan bisnisnya.

Tema artikel haruslah jelas

Saat anda memilih tema untuk artikel anda, anda harus benar-benar memilih tema dengan jelas. Pastikan pilihan anda terhadap suatu tema tulisan telah mantap, dan mulailah menulis sesuai tema tersebut. Ingatlah, anda harus hati-hati dan fokus pada tema selama proses penulisan artikel, supaya alur tulisan anda tidak menjalar ke topik lain yang terlalu jauh dari tema utama artikel anda.

Perhatikan target pembaca anda

Jika anda ingin membuat artikel yang ditargetkan untuk pembaca dengan usia muda, seperti anak-anak dan remaja, anda bisa menggunakan bahasa yang bersifat gaul dan ditambah dengan sedikit candaan. Disisi lain, para pembaca dengan usia tua lebih menyukai artikel yang bersifat to-the-point, dan tidak mengandung unsur bercanda dan basa-basi yang terlalu banyak.

Itulah beberapa tips yang bisa kami bagikan untuk anda, kami harap informasi ini bisa berguna bagi para penulis artikel termasuk anda, terutama untuk para pemula.

Halo, Tim kami akan segera membantu Anda!

Chat with us on WhatsApp