Ada banyak alasan orang mulai menulis blog. Beberapa ingin memiliki outlet kreatif untuk berbagi tulisan dan ide-ide mereka dengan dunia nyata. Beberapa ingin berbagi hobi atau hasrat mereka dan mencari teman baru dalam komunitas. Berikut beberapa tips menulis artikel.

Pertama, tulis judul yang menarik.

Apakah artikel Anda diterbitkan online atau dicetak, pembaca akan memutuskan apakah mereka ingin membacanya berdasarkan judulnya. Rata-rata, orang pertama kali akan melihat judul sebelum membaca secara keseluruhan artikel tersebut jadi judul yang bagus dapat meningkatkan peluang Anda. Pastikan itu cocok dengan konten artikel.

Pastikan itu mudah dimengerti dan tidak ambigu. Hindari menggunakan kata-kata yang memiliki banyak makna atau bisa disalahpahami. Perlu diingat bahwa pembaca tidak akan menghabiskan banyak waktu mencoba menguraikan judul Anda.

Kedua, Hindari mengintimidasi pembaca dengan teks terlalu banyak.

Pembaca tidak suka menatap blok teks yang panjang, jadi pastikan untuk memecahnya agar konten Anda tampak lebih mudah dikelola.

Sebagian besar pembaca akan membaca sekilas sebuah artikel daripada membacanya secara keseluruhan, jadi ingatlah ini ketika menulis karya Anda.

Ketiga, tetap jelas dan sederhana.

Artikel Anda harus sangat mudah dipahami pembaca. Untuk mencapai ini, gunakan bahasa sederhana dan kalimat pendek. Buat sesederhana mungkin.

Ketika Anda berbicara secara umum, Anda berisiko kehilangan kejelasan. Ini membantu untuk memberikan contoh dan deskripsi bila memungkinkan. Saat mengedit pekerjaan Anda, waspadalah terhadap kata-kata yang tidak menambahkan informasi tambahan dan singkirkan.

Jangan merasa Anda perlu menggunakan kata-kata panjang atau mewah agar terdengar menarik. Bahasa seperti ini dapat membuat tulisan Anda lebih sulit untuk dipahami, jadi tetap gunakan kata yang lebih sederhana.

Dalam hal ini merupakan ide bagus untuk memikirkan pembaca Anda ketika menentukan seberapa rumit bahasa Anda seharusnya. Jika Anda menulis untuk umum, cobalah untuk menulis dengan kata yang lebih sederhana.

Namun, Jika Anda menulis untuk audiens yang lebih terspesialisasi, sesuaikan kompleksitas tulisan Anda. Jika Anda tidak yakin apa tingkat membaca artikel Anda, Anda dapat mencoba menjalankannya melalui salah satu dari banyak kalkulator tingkat membaca online gratis.

Halo, Tim kami akan segera membantu Anda!

Chat with us on WhatsApp