Pemasaran adalah salah satu hal terpenting dalam bisnis, dan hal ini selalu dikaitkan dengan penjualan. Meskipun kedua hal ini sebenarnya berebeda, mereka benar-benar tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Hal ini karena dampak dari suatu pemasaran yang sukses akan berimbas pada penjualan yang sukses pula, dan begitu pula jika pemasaran gagal, maka penjualan pun tidak dapat mencapai target yang memuaskan. Namun bagi Anda yang belum paham, apakah Anda benar-benar ingin mengetahui perbedaan marketing dan selling? Kalau begitu, Anda hanya perlu membaca informasi yang akan kami bagikan dibawah ini.

 

Sebelum kita membahas penjualan, kita harus memahami apa itu marketing. Marketing adalah proses pemasaran produk Anda. Intinya proses ini adalah tahap ketika Anda mengenalkan produk atau jasa Anda kepada masyarakat luas. Hal ini harus direncanakan dengan matang dan dieksekusi dengan sempurna, supaya masyarakat mendapatkan kesan yang positif terhadap merek produk atau jasa Anda. Jika tahap ini sukses, orang-orang akan tertarik untuk membeli produk atau jasa Anda, dan hal ini berimbas kepada hal yang selanjutnya, yaitu penjualan.

 

 

Dari katanya saja, jelas “penjualan” berarti proses menjual produk. Anda mendapatkan keuntungan dengan memberikan produk Anda kepada pelanggan, dan sebagai gantinya, mereka membayar Anda dengan sejumlah uang yang telah disepakati bersama. Hal ini terdengar sederhana, namun nyatanya, penjualan bisa sulit dilakukan jika proses pemasaran tidak berjalan lancar. Oleh karena itu, untuk meyakinkan orang-orang untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan, teknik pemasaran yang tepat benar-benar dibutuhkan, dan teknik penjualan yang efektif akan dapat membantu Anda menyelesaikan proses transaksi Anda dengan pelanggan secara lancar.

 

Setelah Anda memahami masing-masing penjelasan tentang pemasaran (marketing) dan penjualan (selling), inti dari perbedaan keduanya adalah marketing merupakan tahap perkenalan produk atau jasa yang Anda tawarkan, sedangkan selling adalah tahap transaksi dimana pelanggan membayar uang kepada Anda yang akan Anda tukarkan dengan barang atau jasa dari Anda yang telah mereka pesan. Itulah penjelasannya, dan memang kedua hal tersebut terdengar sederhana. Namun, Anda memerlukan perencanaan, strategi, serta proses eksekusi yang tepat, supaya kedua tahap tersebut dapat berjalan dengan lancar, dan Anda bisa meraup keuntungan yang besar dalam bisnis Anda.

Halo, Tim kami akan segera membantu Anda!

Chat with us on WhatsApp