Marketing adalah salah satu strategi yang penting untuk meningkatkan bisnis anda, terutama penjualan produk dan jasa. Ada beberapa metode marketing yang digunakan perusahaan dan para pebisnis untuk meningkatkan usaha, penjualan produk, dan jasa mereka, salah satunya adalah dengan metode Digital Marketing. Metode ini mengacu pada penggunaan alat elektronik seperti smartphone, jaringan internet yang tersambung ke komputer agar bisa berinteraksi dengan para konsumen. Tidak jarang metode tersebut menggunakan model peralatan elektronik seperti radio, televisi, dan billboard.

Manfaat Digital Marketing

Dewasa ini banyak konsumen yang beralih ke internet dan berbagai media digital lainnya untuk menemukan informasi seputar produk dan jasa yang mereka butuhkan. Di sisi lain, konsumen juga ingin tahu mengenai pendapat teman atau relasi mereka mengenai sebuah merk tertentu. Biasanya sebagian besar konsumen memiliki keinginan untuk memiliki brand yang mereka percaya terutama soal kualitas dan harga yang terjangkau. Maka untuk itulah digital marketing penting untuk bisa menjangkau calon konsumen potensial. Adapun jenis-jenisnya adalah Push Digital Marketing, Pull Digital Marketing.

Digital MarketingPush dan Pull Digital Marketing

Push Digital Marketing adalah sebuah strategi yang mengacu pada upaya dalam mempromosikan produk dan jasa tanpa persetujuan awal dari calon konsumen. Beberapa strategi marketing dalam Push Digital Marketing biasanya termasuk dalam pembuatan blog, website, iklan, pengiriman email, promosi melalui pesan singkat ke nomor ponsel beberapa orang. Kunggulan dari strategi ini adalah tersedia data yang lengkap, mampu mencapai target calon konsumen yang sesuai. Biasanya dapat berlangsung secara konsisten dan dapat mengirimkan konten promosi tertentu secara tepat waktu.

Strategi lainnya adalah Pull Digital Marketing. Strategi ini tidak seperti jenis sebelumnya dimana konsumen berada dalam sisi pinggir dan hanya sebagai penerima. Jenis Pull Digital Marketing mengacu pada keaktifan pembeli dalam mencari informasi mengenai produk dan jasa yang mereka butuhkan. Para konsumen mencari informasi melalui website atau blog yang menyediakan informasi apa yang mereka cari. Aktifitas SEO misalnya atau yang lebih dikenal sebagai Search Engine Optimization yang bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan mesin pencari.

Search Engine Optimization

SEO dapat dikatakan memiliki potensi untuk website atau blog dari sebuah produk yang berada pada halaman pertama hasil pencarian mesin pencari. Sehingga akan memperluas kemungkinan untuk dikunjungi oleh para pembeli potensial. Teknik SEO seringkali dijadikan para pelaku pasar untuk menjawab seluruh pertanyaan yang dibutuhkan oleh para konsumen meski tidak secara langsung. Adapun kelebihan dari jenis digital marketing adalah ukuran konten tidak terbatas serta sifatnya fleksibel dalam menyimpan atau menampilkan konten. Dalam  hal ini terutama menyusun strategi digital marketing, anda sebagai para marketer perlu menyiapkan rencana tertentu yang berorientasi kepada target yang ingin dicapai. Sebagai besar industry skala kecil, menengah ataupun besar memanfaatkan digital marketing untuk menjangkau konsumen mereka.

Kesimpulan

Tanpa strategi yang tepat dan cermat maka usaha anda tidak akan berhasil. Dalam strategi marketing terdapat tiga tujuan utama yang harus anda ketahui, yaitu memberitahu kepada masyarakat mengenai produk anda. Saat tujuan utama sudah direalisasikan, maka masyarakat akan mulai mempertimbangkan untuk menggunakan produk tersebut atau tidak. Bila konsumen memutuskan untuk membeli maka secara otomatis nilai jual produk anda akan meningkat. Apabila penjualan anda terus meningkat setiap hari, setiap minggu bahkan setiap bulan, biasanya anda akan mendapatkan konsumen yang loyal. Secara tidak langsung konsumen tersebut akan mengajak orang lain untuk menggunakan produk anda.