Bergabung dengan bisnis dunia digital memang perlu pengetahuan yang detail. Kemajuan internet dan teknologi yang mendampingi tidak lepas sebagai media yang membantu meningkatkan usaha promosi berbagai bisnis yang kini menjadi trend di setiap kalangan pebisnis, baik usaha kecil maupun usaha besar yang sudah memiliki nama. Kemudahan yang didapatkan oleh pelaku bisnis melalui digital marketing dalam mempromosikan jasa dan produk mereka mampu menaikkan angka penjualan. Hanya dengan mengandalkan mesin pencari dan anda akan mendapatkan pembeli potensial untuk memperbaiki kualitas penjualan usaha anda. Sayangnya, bukan berarti dunia pemasaran yang menggunakan teknologi digital tidak memiliki kekeliruan. Dalam hal pengertian dan beberapa metode baru yang berkembang di kalangan perusahaan SEO, ada pengertian yang kerap kali keliru antara SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing). Keduanya sekilas terlihat sama, namun pada kenyataannya memiliki arti yang berbeda. Anda harus memahami keduanya dengan seksama.

Fungsi dan Tujuan Search Engine Optimization

SEO dan SEM memiliki fungsi yang sama secara garus besar, tetapi SEM memiliki metode yang lebih sederhana dibandingkan dengan SEO. Keduanya juga memiliki tujuan yang sama yaitu membuat sebuah halaman mendapatkan lebih banyak pembeli potensial. Anda tidak salah bila memanfaatkan jasa SEO dan SEM agar kualitas penjualan anda meningkat hingga batas maksimal. Namun akan lebih baik kalau anda memahami dulu mengenai kedua hal tersebut. SEO sebagai strategi promosi yang merancang coding khusus XHTML serta melakukan program pada seluruh situs web guna mendapatkan kesempatan untuk berada di halaman utama mesin pencari dengan mengandung kata kunci tertentu. SEO terbaik adalah SEO murni yang menggunakan SEO On-Page. Sebab keunggulan metode ini terdapat dalam judul halaman, kata kunci dan artikel serta konten mereka. Ketika mereka berada di halaman pertama, maka akan banyak pengunjung potensial yang mereka dapatkan. Sementara SEM memiliki pengertian yang lain.

Search Engine Marketing

Tujuan Search Engine Marketing

Search Engine Marketing merupakan bentuk strategi pemasaran internet yang tujuannya adalah melakukan promosi website pada halaman mesin pencari atau yang biasa disebut sebagai SERPs. Konteks promosi ini berbayar dengan memanfaatkan tagihan, iklan dengan cara meningkatkan visibility halaman anda pada mesin pencari. Sederhananya Search Engine Marketing adalah promosi yang memanfaatkan kata kunci tertentu yang menggunakan search engine semacam Google AdWords, Yahoo Search Marketing. Uniknya, Search Engine Marketing dilakukan dengan cara pay per click ataupun dengan ketentuan unik lainnya.

SEM memiliki keunggulan dalam memasang trik promosi yang membutuhkan biaya. Namun memiliki dampak yang cukup besar, sementara SEO biasanya meskipun membutuhkan biaya sedikit tetapi untuk mendapatkan pengunjung potensial juga berpeluang besar. Metode unik lainnya adalah SEM akan melakukan optimasi proyek pada situs perusahaan dan melakukan pengelolaan listing pada mesin pencari dan mengirimnya ke direktori situs klien sekaligus mengembangkan strategi marketing online secara langsung.

Pentingkah SEM?

Pertanyaan sekarang adalah, pentingkah anda melakukan optimalisasi visibility terhadap klien anda? Jawabannya adalah penting bila anda punya tujuan. Mesin pencari seperti Google biasanya akan memperlihatkan hasil yang paling sesuai dengan ‘keyword’ yang diketikkan. Disinilah peran visibility dibutuhkan, terutama pada website anda. Sebab website anda akan membutuhkan informasi untuk melakukan promosi terhadap produk dan jasa. Anda akan mendapatkan optimalisasi lebih besar, sebab biasanya orang-orang akan malas mengunjungi halaman setelah halaman ketiga atau keempat. SEM juga berfungsi sebagai kemudahan bagi para pembeli potensial yang akan mengarahkan mereka pada link anda dan menemukan website produk dan jasa anda dengan cara yang paling mudah.