Sekarang, apakah Anda baru di industri digital atau Anda cukup akrab dengan semua hal yang berkaitan dengan digital, akan sulit untuk mengetahui dari mana harus mulai ketika memilih Digital agency. Mengapa? Karena ada begitu banyak dari mereka di luar sana yang mengklaim bahwa mereka adalah ahli dan berbeda dari yang lain padahal kenyataannya mereka semua terlihat sama dan cukup banyak menawarkan layanan yang sama. Tentunya, agensi yang tepat untuk bisnis Anda akan bergantung pada kebutuhan dan persyaratan perorangan Anda, namun ada beberapa hal yang harus selalu Anda pertimbangkan ketika mempertimbangkan untuk menggunakan jasa search engine marketing.

 

1. Berapa lama pengalaman yang mereka miliki

Hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan adalah usia agensi – dan latar belakang karyawan di dalamnya. Agensi-agensi digital jelas bermunculan sepanjang waktu – sehingga banyak dari mereka masih akan digolongkan sebagai cukup ‘baru’. Jika ini masalahnya, Anda harus benar-benar mempertimbangkan apa latar belakang dan pengalaman dari anggota senior senior mereka – dan bagaimana mereka dapat menggunakan pengalaman itu untuk membantu bisnis Anda mencapai tujuannya. Tentu saja, Anda juga harus mencari tahu latar belakang mereka guna mengetahui apakah mereka memang orang yang tepat di bidangnya.

 

2. Lokasi

Lokasi adalah salah satu yang penting untuk dipertimbangkan – karena Anda jelas harus bertemu muka pada titik tertentu – jadi Anda perlu mempertimbangkan perjalanan yang akan dilibatkan. Oke, jadi sebagian besar hal dapat dilakukan melalui email atau telepon, tetapi terkadang pertemuan yang sebenarnya sangat penting – jadi jika Anda berbasis di Indonesia dan agennya berbasis di negara yang berbeda, Anda mempunyai tugas dan tantangan untuk mencoba menggali informasi tentang mereka lebih dalam karena ini akan sangat membantu Anda.

 

3. Klien

Mungkin salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah basis klien dari agensi yang akan Anda pilih. Jelas nama besar klien akan selalu mengesankan tetapi jangan mudah tertipu dengan informasi yang diberikan. Pastikan terlebih dahulu bahwa informasi tentang klien termasuk testimoni dan review memang benar diberikan oleh klien yang suka dengan pekerjaan yang telah dilakukan. Seringkali, agensi akan lebih banyak kontrol dan kebebasan terhadap klien yang lebih kecil dan kurang terkenal. Jadi ide yang baik untuk melihat pekerjaan yang telah mereka lakukan untuk mereka dan apa yang telah mereka capai. Ketika melihat basis klien, lihat juga jenis klien yang mereka miliki dan apakah ada yang cocok dengan bisnis Anda. Meskipun itu bukan masalah jika tidak ada klien yang dapat dihubungkan, jika mereka menyarankan agensi yang sudah memiliki pemahaman yang baik tentang pasar dan industri Anda, yang mungkin terbukti bermanfaat jika Anda memilih untuk mempekerjakan mereka.

 

4. Pekerjaan – kualitas, ragam & hasil

Jelas hal lain yang penting untuk dipertimbangkan adalah jenis pekerjaan yang telah diberikan oleh agensi untuk klien mereka di masa lalu dan kualitas serta variasi dari pekerjaan ini. Selain mempertimbangkan tampilan dan kualitas pekerjaan, penting juga untuk mempertimbangkan hasil yang telah dicapai melalui pekerjaan ini. Misalnya, biro iklan mungkin telah mendesain ulang situs web dan mungkin terlihat bagus tetapi jika sulit untuk dinavigasi dan itu telah menghasilkan penurunan konversi, maka itu tidak benar-benar mencapai ROI yang bagus. Demikian pula, biro iklan mungkin telah menghasilkan beberapa infografis besar atau potongan konten lainnya – tetapi jika mereka memiliki tingkat pembagian yang sangat rendah – dan mereka tidak benar-benar memiliki banyak dampak, sekali lagi, mungkin ada baiknya mempertimbangkan strategi agensi .

Halo, Tim kami akan segera membantu Anda!

Chat with us on WhatsApp