Pada saat ini bisnis berkembang pesat, bersama dengan berkembangnya teknologi yang mempengaruhi segala aspek kehidupan. Tidak jarang teknologi menghadirkan beberapa trend yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang bekerja di dunia bisnis. Dunia digital membawa kebutuhan manusia menuju metode paling praktis dan membuka batas. Dalam proses pemasaran bisnis, para pelaku bisnis dapat menjangkau ranah yang sebelumnya tidak mengenal produk dan jasa mereka. Pemasaran yang selama ini hanya dilakukan sebatas promosi di lapangan seperti memberikan brosur atau menyewa orang untuk mengenalkan produk dan jasa mereka. Kini bagi setiap pelaku bisnis tengah mengandalkan teknologi. Pemasaran produk dan jasa dengan jenis digital ini mulai menjadi favorit bagi para pebisnis terutama bagi mereka yang menyukai kemudahan. Ini adalah 5 jenis digital marketing yang bisa anda temukan di perusahaan-perusahaan SEO.

digital marketing

Jenis-jenis digital marketing

Sebelum anda menggunakan layanan digital marketing, ada baiknya anda mengenal terlebih dulu jenis-jenis digital marketing seperti berikut :

– The Data Whiz

Ini adalah jenis digital marketing pertama yang berfungsi untuk menganalisa dan mengelola data dari kegiatan promosi melalui media digital. Cara kerja mereka adalah melalui email yang dikirimkan melalui klien yang menawarkan jasa dan produk. 43% dari mereka melakukan pengujian pada siapa saja yang melakukan call action terhadap email yang dikirim. Sedangkan 50% dari jenis digital ini adalah untuk menganalisa waktu pengiriman email marketing dan sisanya akan menguji tentang subject email yang menarik perhatian pembaca.

– The E-Artiste

Bagi mereka yang menyukai estetika, biasanya seringkali memakai jenis The E-Artiste. Ini adalah digital marketing yang menampilan desain konten menarik. Demi menarik perhatian pembeli potensial, mereka akan menguji berapa banyak yang menyukai konten visual daripada hanya melalui sebuah tulisan. Sejauh ini, konten visual menjadi keunggulan bagi dunia digital marketing dalam mendapatkan pembeli potensial dan memperbaiki kualitas penjualan sebab kebanyakan masyarakat lebih menyukai sebuah informasi yang dikemas secara singkat, padat, jelas dan menarik.

– Social Media

Untuk pebisnis yang senang dengan komunitas, biasanya lebih senang mengamati perkembangan social media. Pada jenis ini, pelaku digital marketing yang bekerja di perusahaan SEO akan terus menganalisa. Mereka mencari tahu apakah social media akan memiliki pengaruh terhadap promosi jasa dan produk klien mereka. Social media menjadi lapangan untuk hampir 90% pebisnis untuk membagikan konten yang mereka suka kepada orang lain. Sekaligus, menjadi tempat untuk melakukan promosi dan meningkatkan penjualan.

– The Beta Taster

Meski terdengar asing, tetapi jenis ini memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah promosi yang dilakukan menggunakan social media dalam versi beta. Dalam Beta Taster, biasanya pelaku digital marketing mendapatkan data tentang penggunaan perangkat dalam kegiatan digital marketing. Jenis Beta Taster ini tergolong unik, karena 1 dari 5 orang menggunakan lebih dari 4 perangkat untuk mempromosikan produk dan jasa melalui ini setiap minggunya.

– The Snarky Marketer

Jenis unik lainnya disebut The Snarky Marketer. Jenis digital marketing ini mengandalkan kepekaan pekerja digital marketing. Sebuah tim dibentuk untuk menangani sebuah produk dan jasa yang akan menggunakan blog pribadi mereka sebagai sarana promosi penjualan. Sehingga dengan cepat mereka akan mengetahui kesalahan mereka. Social media berupa blog selalu menjadi andalan mereka dan dengan mengutamakan proses analisa dan kontrol di setiap tahapan marketing digital yang mereka lakukan maka para digital marketing yang menggunakan jenis The Snarky Marketer ini menjadi jenis terbaik yang bisa anda gunakan jasanya.